Sosialisasi Manfaat JKN-KIS di Jikumarasa, Nina Batuatas: Kesehatan Masyarakat Dilindungi oleh Negara

| Minggu, 25/06/2023 08:55 WIB
Sosialisasi Manfaat JKN-KIS di Jikumarasa, Nina Batuatas: Kesehatan Masyarakat Dilindungi oleh Negara Sosialisasi Program JKN-KIS di Desa Jikumarasa, Maluku, Sabtu (24/6). (Foto: istimewa)

MALUKU, RADARBANGSA.COM - Negara telah menjamin kesehatan seluruh masyarakat melalui program JKN-KIS. Akan tetapi, sosialisasi pada masyarakat belum maksimal sehingga masih banyak yang belum mendapatkan jaminan kesehatan dari negara.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh menyampaikan bahwa kesehatan harus menjadi prioritas utama bagi masyarakat, karena itu melalui program JKN-KIS ini seluruh masyarakat bisa mwndapatkan perlindungan dan jaminan kesehatan dari negara. Hal tersebut diungkapkan Nihayah dalam acara Sosialisasi Program JKN-KIS bagi masyarakat di Desa Jikumarasa, Namlea, Maluku, Sabtu, 24 Juni 2023.

"Masyarakat harus peka dan paham betul tujuan utama program ini, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang ketika sakit baru buat BPJS Kesehatan, karena pemberlakuan kartu BPJS Kesehatan tidak bisa dipakai dalam waktu yang bersamaan pada saat pendaftaran. Saya juga berharap kepada masyarakat, untuk menyampaikan pendapat serta keluhan dilapangan, apapun itu untuk kami evaluasi dalam perbaikan sistem dan kebijakan," kata Nihayah. 

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Provinsi Maluku, Syayied Abdul Gaffar Assaqqaf mengatakan bahwa program JKN-KIS ini telah diatur dan dilindungi oleh Konstitusi, yakni melalui Undang-Undang hingga aturan turunannya. Sehingga, masyarakat tidak perlu takut karena kesehatan masyarakat dilindungi langsung oleh negara. 

"BPJS Kesehatan memiliki dasar hukum yang jelas, diantaranya UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN, UU Nomor 24 Tahun 2011, PP Nomor 86, Tahun 2013 serta Perpres Nomor 28 Tahun 2020 Tentang RPJMN. Selain itu, Program JKN-KIS bertujuan memberikan perlindungan, baik untuk diri sendiri, maupun orang lain untuk mendapatkan kesehatan sehingga diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Penanggungjawab kegiatan Sosialisasi Program JKN-KIS, Nina Batuatas sangat berharap agar masyarakat Namlea, khususnya Desa Jikumarasa memahami pentingnya melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga. Ia menilai, program ini mampu memberikan perlindungan kesehatan masyarakat dengan baik.

"Kegiatan Sosialisasi ini tentu memberikan manfaat yang sangat luar biasa kepada masyarakat Jikumarasa dalam hal pemahaman program pemerintah yang selama ini dianggap tidak pro terhadap masyarakat menengah kebawah, padahal kebalikannya. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Nihayatul Wafiroh yang telah menginisiasi program serta memilih Desa Jikumarasa sebagai tempat Sosialiasi Program JKN-KIS. Semoga sosialisasi ini memberikan dampak positif bagi para peserta yang sudah hadir dan masyarakat Jikumarasa, terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh masyarakat yang sudah hadir dan lembaga-lembaga terkait yang ikut menyukseskan acara ini," tuturnya. 

Diketahui, Program ini dihadiri oleh sekira 300 orang peserta baik dari masyarakat hingga tokoh setempat.

Tags : JKN-KIS , Maluku , Kesehatan , BPJS

Berita Terkait