Presiden Jokowi Tegaskan Opini WTP Bukan Prestasi Melainkan Kewajiban

| Senin, 26/06/2023 18:41 WIB
Presiden Jokowi Tegaskan Opini WTP Bukan Prestasi Melainkan Kewajiban Presiden Jokowi (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan pemerintah adalah bukanlah prestasi melainkan kewajiban.

“Saya ingatkan bahwa WTP itu bukanlah sebuah prestasi. WTP itu kewajiban dari seluruh jajaran pemerintahan dalam penggunaan APBN,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, 26 Juni 2023.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa pemerintah tidak hanya tertib administrasi tetapi juga setiap uang rakyat tersebut harus dirasakan manfaatnya sepenuhnya oleh masyarakat.

“Tertib administrasi itu penting, tetapi yang jauh lebih penting adalah apa kemanfaatannya untuk rakyat, apa kemanfaatannya untuk masyarakat, apa yang dirasakan oleh rakyat, apa yang dirasakan oleh masyarakat,”  tegas Presiden Jokowi.

Ketua BPK Isma Yatun dalam laporannya mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya mendorong pemerintah untuk melakukan upaya efektif dalam menyelesaikan rekomendasi hasil pemeriksaan BPK.

“Besar harapan kami agar Bapak Presiden dapat terus mendorong seluruh menteri dan pimpinan lembaga serta pemerintah daerah segera menindaklanjuti rekomendasi BPK,” ujar Isma Yatun.

Tags : BPK , Opini WTP

Berita Terkait