Pemkab Tangerang Sosialisasi Peluang Kerja di Luar Negeri

| Rabu, 05/07/2023 20:19 WIB
Pemkab Tangerang Sosialisasi Peluang Kerja di Luar Negeri Disnaker Tangerang melakukan sosialisasi peluang kerja ke luar negeri (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang bersama Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Banten melakukan sosialisasi peluang kerja luar negeri kepada 160 peserta di Kecamatan Kronjo, Tangerang, Tangerang, Rabu, 5 Juli 2023.

“Lewat kegiatan ini kami ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa masih banyak peluang untuk berkarir dan bekerja di  luar negeri," ucap Kadisnaker Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono.

Selain itu, kata Rudi Hartono, kegiatan ini juga sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam pencegahan kasus tindak pidana perdagangan orang melalui jalur pemberangkatan PMI Non Prosedural.

"Untuk mengatasi PMI yang pergi ke luar negeri tidak resmi, hendaknya tenaga kerja yang ke luar negeri perlu diawasi semua pihak. Tidak hanya peran dari Pemkab saja, namun perlindungan ini juga dilakukan oleh stakeholder terkait salah satunya adalah BP3MI Banten," ujarnya.

Rudi juga berharap, melalui kegiatan ini Masyarakat Kabupaten Tangerang yang akan bekerja di luar negeri dapat mengikuti aturan yg telah ditetapkan oleh pemerintah atau secara prosedural. Sehingga kedepan kasus pemberangkatan PMI non prosedural tidak ada lagi.

"Kami berharap masyarakat Kabupaten Tangerang bisa membuka diri untuk bekerja di luar negeri, karena peluang bekerja bukan hanya di dalam negeri. Apabila  akan bekerja ke luar negeri, dapat mengikuti aturan yg telah ditetapkan oleh pemerintah atau secara prosedural sehingga kasus pemberangkatan PMI non prosedural tidak ada lagi," tukasnya.

Tags : Pemkab Tangerang , PMI