Anwar Sanusi: Era Digitalisasi Ubah Pola Pekerjaan dari Manual Jadi Berbasis Digital

| Rabu, 05/07/2023 20:30 WIB
Anwar Sanusi: Era Digitalisasi Ubah Pola Pekerjaan dari Manual Jadi Berbasis Digital Transaksi Digital (Doc: Matabanuaa)

RADARBANGSA.COM – Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan, era digitalisasi telah membuat hampir semua lini kehidupan manusia terdigitalisasi. Hal tersebut membuat beragam aktivitas, termasuk pola pekerjaan pun menjadi berubah.

"Era digitalisasi mengubah pola pekerjaan dari yang sebelumnya banyak digunakan cara manual menjadi cara-cara yang berbasis digital," kata Anwar Sanusi di Palu, Rabu, 5 Juli 2023.

Anwar menjelaskan, dampak dari era digitalisasi ini bakal terjadi permintaan pekerjaan yang meningkat pada jenis pekerjaan tertentu dan menurun pada jenis pekerjaan lainnya. Menurutnya, permintaan pekerjaan yang diprediksi akan meningkat, yakni pekerjaan yang dekat dengan pemanfaatan digital, seperti data analyst dan scientist, big data specialist, artificial intelligence dan machine learning specialist, digital marketing, dan arsitek database.

“Adapun permintaan pekerjaan yang diperkirakan akan menurun bersifat klerikal dan rutin, seperti kasir, sekretaris, data entry, dan teller,” tukasnya.

Sementara itu, di Palu, kata Anwar, Universitas Tadolako telah merespons kondisi tersebut secara baik dengan memberikan pembelajaran-pembelajaran kepada mahasiswanya sesuai dengan permintaan dan kondisi pasar tenaga kerja yang ada saat ini.

"Sehingga tentunya saya berharap, lulusannya akan terserap oleh pasar kerja karena sudah dibekali dengan kapasitas yang dibutuhkan untuk berkompetisi dalam pasar kerja," tukas Anwar.

Tags : Digitalisasi , Digital , Pekerjaan

Berita Terkait