Diterjang Banjir Bandang, Pemerintah Ganti Jembatan Kali Glidik II Secara Permanen

| Senin, 10/07/2023 23:11 WIB
Diterjang Banjir Bandang, Pemerintah Ganti Jembatan Kali Glidik II Secara Permanen Jembatan Kali Glidik II (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun Jembatan Kali Glidik II sebagai penanganan secara permanen bencana banjir disertai material Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Jumat (7/7/2023) lalu.

Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali Rakhman Taufik mengatakan BBPJN Jawa Timur-Bali telah menurunkan tim untuk melakukan survei awal penanganan Jembatan Kali Glidik II yang putus akibat banjir bandang tersebut.

“Dari hasil survei di lapangan menunjukkan bahwa secara teknis, opsi penanganan sementara dengan pemasangan Jembatan Bailey kurang memungkinkan. Selain itu investigasi di lokasi menunjukkan salah satu dari dua pilar Jembatan Kali Glidik II telah hilang diterjang banjir”, kata Rakhman dalam keterangannya, Senin, 10 Juli 2023.

Dengan kondisi tersebut, Rakhman mengatakan alternatif penanganan sementara yang direncanakan dengan instalasi Jembatan Bailey kurang memungkinkan untuk dilaksanakan di lokasi eksisting Jembatan Kali Glidik II. Sebab, pilar eksisting tidak aman menopang Jembatan Bailey.

Untuk itu, lanjut Rakhman, diputuskan opsi penanganan Jembatan Kali Glidik II mengerucut pada pembangunan jembatan secara permanen di lokasi eksisting sepanjang 45 meter atau lebih panjang dari jembatan eksisting.

"Nantinya proses konstruksi jembatan permanen sepanjang 45 meter ini akan berlangsung sekitar empat bulan. Untuk arus lalu lintas dan logistik dilakukan pengalihan arus ke utara lewat Pasuruan dan Probolinggo," tukasnya.

Tags : Jembatan Kali Glidik II

Berita Terkait