Menlu RI Ingin Kerja Sama Ketahanan Pangan ASEAN-India Diperkuat

| Kamis, 13/07/2023 17:32 WIB
Menlu RI Ingin Kerja Sama Ketahanan Pangan ASEAN-India Diperkuat Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: twitter @Menlu_RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi menekankan pentingnya kerja sama ketahanan pangan antara ASEAN dan India. 

Dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) bersama Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar di Jakarta, Kamis, 12 Juli 2023, Retno mengatakan bahwa seiring dengan jumlah populasi ASEAN dan India yang terus meningkat maka dibutuhkan juga ketahanan pangan yang kuat.

"Oleh karena itu, kita perlu menginvestasikan usaha untuk memastikan ketersediaan pangan, aksesibilitas dan keterjangkauan (pangan) pada masa-masa krisis," ujar Menlu seperti dilansir dari antaranews.

India, salah satu mitra dialog ASEAN, berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur (EAS) dan Forum Kawasan ASEAN (ARF) di Jakarta pada Jumat (14/7). Menurut Retno, kerja sama ASEAN-India harus fokus pada pembentukan rantai pasokan pangan yang berkelanjutan melalui perdagangan tanpa hambatan, dialog, dan kebijakan pemerintah yang transparan.

ASEAN mendorong kemitraan jangka panjang dalam teknologi pertanian dan sistem penelitian guna meningkatkan produksi pangan lokal yang juga dapat menguntungkan para petani kecil.

"Inilah alasan Indonesia mengusulkan pernyataan bersama para pemimpin terkait peningkatan kerja sama dalam bidang ketahanan pangan pada masa krisis untuk diadopsi pada KTT ASEAN-India nanti," tuturnya.

Jaishankar berharap dapat memperluas kemitraan antara negaranya dan ASEAN dalam beberapa area kerja sama yang baru, dengan tetap memperkuat kerja sama yang sudah ada khususnya di bidang keamanan dunia maya, keuangan, dan maritim.

Tags : Menlu RI , Ketahanan Pangan , ASEAN , India