Bendungan Cipanas Ditargetkan September 2023 Diresmikan Pemerintah

| Jum'at, 14/07/2023 22:39 WIB
Bendungan Cipanas Ditargetkan September 2023 Diresmikan Pemerintah Bendungan Cipanas (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun berbagai infrastruktur untuk mendukung kawasan segitiga Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana) yang berada di Kabupaten Indramayu dan Sumedang di Provinsi Jawa Barat.

Selain dukungan konektivitas Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) yang belum lama ini beroperasi, Pemerintah juga tengah dilakukan penggenangan Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang.

"Konstruksi Bendungan Cipanas sudah selesai fisiknya 98% dan sejak Mei 2023 lalu sudah mulai digenangi air.  Dengan curah hujan yang ada, diharapkan pada bulan Oktober 2023 sudah bisa mencapai level intake. Jika peresmian dilakukan akhir Agustus 2023 level air sudah cukup tinggi,” kata Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja dalam keterangannya, Jumat, 14 Juli 2023.

Endra menjelaskan bahwa Bendungan Cipanas merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditargetkan untuk siap diresmikan pada bulan September 2023 ini.

"Kita tunggu tentunya informasi dari Istana untuk kunjungan kerja berikutnya ke Jawa Barat, antara lain untuk agenda peresmian Bendungan Cipanas yang sangat penting ini, terutama untuk menjamin pasokan air ke daerah-daerah irigasi, permukiman dan industri," tukasnya.

Tags : Bendungan Cipanas , Sumedang

Berita Terkait