Di Indonesia, Kemenkes: Hepatitis B Sebagian Besar Ditularkan dari Ibu ke Anak

| Jum'at, 28/07/2023 18:47 WIB
Di Indonesia, Kemenkes: Hepatitis B Sebagian Besar Ditularkan dari Ibu ke Anak Ilustrasi Hati (foto: freepic)

RADARBANGSA.COM – Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Imran Pambudi mengatakan hepatitis B di Indonesia sebagian besar ditularkan dari ibu ke anak.

“Penularan hepatitis B dari ibu yang terinfeksi kepada anak merupakan salah satu penyebab tingginya prevalensi hepatitis B di Indonesia,” kata Imran dalam keterangannya, Jumat, 28 Juli 2023.

Berdasarkan data Riskesdas 2013, kata Imran, prevalensi hepatitis B (HBsAg) secara umum sebesar 7,1% atau setara sekitar 18 juta penduduk Indonesia, ”Transmisi vertikal atau dari orang tua ke anak berkontribusi sekitar 50% dari beban penyakit hepatitis B secara global,” tambahnya.

Menurutnya, bayi yang terinfeksi virus hepatitis B memiliki risiko lebih dari 90% – 95% berkembang menjadi hepatitis B kronis. Sementara yang terinfeksi setelah usia 5 tahun jarang mengalami infeksi kronis. Oleh karena itu, transmisi vertikal atau dari orang tua ke anak berkontribusi sekitar 50% dari beban penyakit hepatitis B secara global.

“Ibu Hamil diimbau segera tes hepatitis ke fasilitas kesehatan agar bisa mencegah terjadinya penularan hepatitis ke anak,” tukasnya.

Tags : Hepatitis (ilustrasi)

Berita Terkait