Content Creator Rijal Djamal Pilih `Nyaleg` Lewat PKB, ini Alasannya

| Senin, 31/07/2023 22:40 WIB
Content Creator Rijal Djamal Pilih `Nyaleg` Lewat PKB, ini Alasannya Content Creator Rijal Djamal foto bersama dengan Ketua Umum PKB, Gus Imin. (Foto: twitter @WandyRenaldy9)

RADARBANGSA.COM - Content Creator asal Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rijal Djamal terjun ke dunia politik dengan bergabung bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia mengungkapkan alasan memilih maju sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi Sulsel karena arahan langsung dari Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin).

"Iya, betul. Baru semalam saja saya dipanggil ke Jakarta langsung oleh Ketua PKB, Cak Imin. Saya majunya di Dapil Sulawesi Selatan 3, meliputi Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar," ujarnya dikutip dari detiksulsel, Senin, 31 Juli 2023.

Rijal menerangkan, dirinya maju sebagai Bacaleg DPRD Sulsel nomor urut 1. Diakuinya, nomor urut 1 merupakan pemberian langsung dari Gus Imin.

"Insyaallah nomor urut satu, sesuai dengan nomornya PKB. Alhamdulillah juga Cak Imin yang langsung minta (untuk) diprioritaskan," ungkapnya.

Rijal menerangkan keputusannya untuk terjun ke dunia politik bukanlah sesuatu yang mudah. Keputusan ini akhirnya dipilih oleh Rijal karena dukungan masyarakat kepada dirinya.

"Keputusan yang sangat berat sebenarnya, sangat beresiko. Tapi karena dorongan dari publik, dari masyarakat, memastikan kita harus terlibat. Supaya ini politik diisi banyak orang yang kira-kira punya track record baik," terangnya.

Ia mengaku pekerjaannya saat ini kerap bersinggungan dengan politik. Rijal sebagai content creator juga banyak mengulas soal isu pemerintahan hingga perpolitikan.

"Pertama, kenapa ke politik? sejak awal saya menjadi content creator tidak jauh-jauh memang dari konten pemerintahan, politik, pendidikan, dan bisnis. Saya memang konsen ke situ," imbuhnya.

Menurutnya dia banyak ditawari partai lain untuk bergabung. Namun Rijal memilih PKB karena menganggap partai tersebut punya visi misi yang sama dengannya.

"Jadi alasan pertama, karena partai PKB itu terbuka. Saya tanya apakah saya masih bisa tetap kritis, masih bisa mempertahankan idealisme saya ketika terpilih. Saya dikasih jawaban yang sangat baik," ungkapnya. 

Rijal menegaskan keterlibatannya di dunia politik adalah keberpihakannya kepada kaum muda. Bagi Rijal, saat ini pemuda dianggap sebagai objek belaka yang didekati hanya pada momen pemilu. 

"Selama ini teman-teman itu hanya dijadikan objek, tidak sebagai subjek. Hanya momentum Pemilu mereka didekati tapi setelahnya mereka tidak pernah dilibatkan. Jadi, gagasan pertama adalah gagasan keberpihakan," tuturnya.

Tags : Content Creator , Rijal Djamal , PKB , Gus Imin

Berita Terkait