Presiden Jokowi Resmikan Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-Cibadak

| Jum'at, 04/08/2023 18:38 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-Cibadak Presiden Jokowi meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, Jumat (4/8). (Foto: twitter @jokowi)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, Jumat, 4 Agustus 2023. Peresmian ruas tol sepanjang 11,9 kilometer ini dilakukan di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan. Ruas ini menelan anggaran biaya Rp3,2 triliun," kata Presiden saat memberikan sambutan.

Presiden berharap dengan selesainya ruas Cigombong-Cibadak ini, akses dari Jakarta menuju wilayah Sukabumi dapat ditempuh dengan lebih singkat, termasuk ke tempat-tempat wisata.

"Nanti kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam, sekarang dengan adanya jalan tol ini, hanya kurang lebih 2,5 jam," ujarnya.

Selain itu, kata Presiden, keberadaan infrastruktur ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang yang akan berpengaruh terhadap peluang investasi di Jawa Barat.

"Dari survei para investor yang ada, kenapa Provinsi Jawa Barat menduduki ranking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun," tandasnya.

Tags : Jokowi , Jalan Tol , Sukabumi , Jawa Barat

Berita Terkait