PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI DESA SUDAH ON TRACK

Gus Halim Tegaskan Pembangunan di Desa Sudah Sesuai Target yang Ditetapkan

| Senin, 07/08/2023 23:41 WIB
Gus Halim Tegaskan Pembangunan di Desa Sudah Sesuai Target yang Ditetapkan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim menegaskan, perencanaan pembangunan di desa-desa seluruh Indonesia telah sesuai dengan target dan sasaran yang ditetapkan.

Menurut Gus Halim, pada Tahun 2023 ini, dana desa yang dipakai untuk pertumbuhan ekonomi 45,7 persen, untuk Sumber Daya Manusia atau SDM 37,1 persen.

“Artinya ini menunjukkan bahwa perencanaan pembangunan di desa-desa sudah on track dan itu karena pendamping desa. Karena memang dana desa bisa dipakai apa saja kecuali yang dilarang," kata Gus Halim di Kota Banda Aceh, Minggu, 6 Agustus 2023 kemarin.

Gus Halim mengungkapkan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari hasil kerja keras Tenaga Pendamping Profesional (TPP). Ia pun berharap manfaat baik keberadaan tenaga ahli hingga Pendamping Lokal Desa (PLD) dapat dipublikasikan sehingga masyarakat mengetahuinya.

"Kalau pendamping tidak bisa kerja, pemanfaatan dana desa tidak sesuai aturan, kalau pendamping tidak bisa kerja maka saya tidak bisa lihat pembangunan di desa, kalau pendamping tidak bisa kerja maka saya tidak tahu apakah perencanaan pembangunan di desa sesuai dengan kebutuhan, potensi, dan masalah," ungkapnya.

Gus Halim menambahkan ketika nanti semua desa telah berhasil mencapai status mandiri, maka pendampingan yang harus dilakukan juga semakin berat.

"Desa semakin mandiri semakin butuh pendamping. Makanya obsesi saya adalah 1 desa 1 pendamping. Karena tugasnya semakin berat," tukasnya.

Tags : Pendamping Lokal Desa , PLD , Kemendesa PDTT

Berita Terkait