Perkuat Ekonomi Nasional, OECD Apresiasi Kepemimpinan Presiden Joko Widodo

| Jum'at, 11/08/2023 17:39 WIB
Perkuat Ekonomi Nasional, OECD Apresiasi Kepemimpinan Presiden Joko Widodo Presiden Jokowi (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, mengungkapkan bahwa OECD (Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi) mengapresiasi kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam melakukan langkah reformasi pada sejumlah bidang guna memperkuat perekonomian nasional di tengah situasi ketidakpastian global.

“Sekretaris Jenderal (OECD) Cormann juga mengapresiasi leadership Bapak Presiden di dalam melakukan langkah-langkah reformasi karena banyak langkah-langkah reformasi di bidang investasi dan juga di bidang perekonomian adalah sangat sesuai untuk kebutuhan Indonesia sendiri di dalam memperkuat perekonomiannya,” ujar Menkeu Sri Mulyani usai mendampingi Presiden Jokowi menerima delegasi OECD di Istana Merdeka, Kamis, 10 Agustus 2023.

Sri Mulyani mengungkapkan bahwa kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan OECD sudah berjalan cukup lama dan Indonesia merupakan mitra kerja utama dari OECD. Bahkan, Indonesia bersama OECD telah melakukan sejumlah program kerja sama seperti survei ekonomi dan penilaian terhadap kebijakan yang berlaku di Tanah Air.

“Indonesia melakukan asesmen terhadap kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan BUMN dan taxation, capital movement, public procurement, anti-corruption, dan environment,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menuturkan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan pertemuan guna membahas rencana keanggotaan Indonesia di OECD. Menlu juga mengungkapkan bahwa dukungan dari negara anggota OECD terhadap keanggotaan Indonesia di OECD cukup kuat.

“Dalam beberapa hari ini saya sudah menerima surat dari beberapa menteri luar negeri yang menyampaikan dukungan kuat terhadap keanggotaan Indonesia di OECD,” kata Menlu Retno Marsudi.

Tags : OECD , Presiden Jokowi

Berita Terkait