Gus Halim Ingin Pegiat Desa Jadi Narasumber Usai Ikuti Refreshment Training P3PD

| Senin, 14/08/2023 20:41 WIB
Gus Halim Ingin Pegiat Desa Jadi Narasumber Usai Ikuti Refreshment Training P3PD Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: Gus Halim)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) mengungkapkan, pegiat desa harus mampu menjadi narasumber usai melakukan pelatihan Refreshment Training Penguatan Kapasitas Partisipasi Pegiat Desa Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Tahun Anggaran 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 12 Agustus 2023.

"Kegiatan ini biar pegiat desa ingat kembali semua tugasnya kemudian melaksanakannya. Saya yakin refreshment ini tidak terlalu bertele-tele pasti akan menghasilkan satu kapasitas untuk pegiat desa segera menjadi narasumber, pengajar dan pelatih," kata Gus Halim.

Sebagai informasi, meningkatnya kualitas pegiat desa termasuk pendamping desa menjadi salah satu fokus utama Gus Halim selama menjabat sebagai Mendes PDTT.

Hal itu karena baik tidaknya kualitas sumber daya manusia (SDM) pendamping desa menjadi faktor penting dalam percepatan pencapaian status desa-desa menjadi mandiri.

"Pegiat desa setelah mengikuti pelatihan ini adalah mendukung upaya maksimal menghadirkan kebijakan dana desa di seluruh warga masyarakat desa, dan menjadikan dana desa dirasakan manfaatnya oleh warga desa utamanya kelas menengah ke bawah," imbuh Gus Halim.

Turut mendampingi Gus Halim dalam kegiatan tersebut, Staf Khusus Mendes PDTT Nasrun Annahar, Korprov Jawa Timur Muhammad Ashari, tenaga pengajar/pelatih, TAPM kabupaten/kota, pendamping desa, dan pendamping lokal desa se-Provinsi Jawa Timur.

Pada hari pertama peserta refreshment berasal dari Nganjuk, Lamongan, Blitar, Malang, Tuban, Bangkalan, Kediri, Pasuruan, Tulungagung, Sidoarjo, Jombang dengan total 307 orang. Sementara refreshment hari kedua diikuti oleh 269 orang dari Lumajang, Situbondo, Pamekasan, Sumenep, Pacitan, Trenggalek, Probolinggo, Banyuwangi, Bondowoso, Magetan, Ponorogo, dan Ngawi.

Tags : Gus Halim , Pendamping Desa