Kurangi Polusi Udara, Daniel Johan Dukung Usulan Pemerintah Soal Penerapan WFH

| Rabu, 16/08/2023 19:24 WIB
Kurangi Polusi Udara, Daniel Johan Dukung Usulan Pemerintah Soal Penerapan WFH Anggota DPR RI Daniel Johan (Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan mendukung usulan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tentang adanya kemungkinan Work From Home (WFH) menyusul kondisi udara yang memburuk belakangan ini, khususnya di daerah Jabodetabek.

"Hari ini Pak Presiden ratas membahas polusi udara di Jakarta. Saya mendukung kebijakan WFH sebagai dasar penguatan mengembalikan udara di Jakarta dan sekitarnya menjadi lebih baik. Sebab, kualitas udara yang buruk berdampak bagi kesehatan," kata Daniel Johan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 16 Agustus 2023.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, sekitar 100 ribu warga terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) setiap bulannya akibat polusi udara. Sedangkan dalam rentan waktu Januari hingga Juni 2023, terdapat 638.291 kasus ISPA di Jakarta.

"Jadi, Pemerintah perlu mempertimbangkan cara agar menekan dampak dari polusi udara dengan berbagai cara karena kesehatan adalah hak bagi masyarakat Indonesia,” tambah Daniel Johan.

Menurut Daniel Johan, WFH tidak terlalu berdampak terhadap perekonomian. Begitu juga saat pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu.

“Dengan WFH, pengurangan polusi udara dari kendaraan masyarakat yang digunakan untuk bekerja bisa berkurang. Toh saat pandemi WFH juga tidak terlalu berdampak pada perekonomian. Jadi perlu kita kaji dan pertimbangkan bersama,” tukasnya.

Tags : Polusi Udara , Penghijauan , Perubahan Iklim

Berita Terkait