Pemkot Tangerang Tingkatkan Kinerja Atasi Permasalahan Lingkungan Hidup

| Selasa, 22/08/2023 21:27 WIB
Pemkot Tangerang Tingkatkan Kinerja Atasi Permasalahan Lingkungan Hidup Penyerahan sampah dari masyarakat ke petugas DLH (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya meningkatkan kinerja dalam merespon permasalahan lingkungan hidup di Kota Tangerang.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Pemkot Tangerang telah membuat prosedur khusus mengenai pengangkutan sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan medis rumah tangga.

Kepala DLH Kota Tangerang, Tihar Sopian menuturkan, prosedur khusus mengenai pengelolaan sampah B3 dan medis rumah tangga tersebut sejauh ini dilakukan secara masif, intensif, dan terorganisir.

Saat ini, DLH Kota Tangerang telah melaksanakan prosedur khusus tersebut dalam bentuk proses pemilihan jenis sampah, pengumpulan di Bank Sampah, penjemputan oleh petugas secara berkala, dokumentasi sebagai controlling, menyediakan TPS khusus yang telah ditentukan, serta distribusi terarah kepada pihak ketiga,” ujar Tihar Sopian di Tangerang, Selasa, 22 Agustus 2023.

Menurut Tihar, DLH Kota Tangerang juga telah menyediakan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) khusus yang mampu dimanfaatkan untuk pengelolaan sampah B3 dan medis rumah tangga secara efektif yang jauh dari lingkungan pemukiman.

“Lewat program Tempat Pembuangan Sampah Limbah B3 (TPSLB3), saat ini terdapat di TPS Terpadu (TPST) dengan pemanfaatan distribusi box elektronik wasta (e-waste) yang telah disebar di seluruh penjuru Kota Tangerang,” tukasnya.

Tags : Lingkungan Hidup , Pemkot Tangerang

Berita Terkait