Gus Halim: Persepsi Positif Dana Desa Naikkan Citra Pendamping Desa

| Selasa, 22/08/2023 22:05 WIB
Gus Halim: Persepsi Positif Dana Desa Naikkan Citra Pendamping Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) menyatakan persepsi positif dana desa akan meningkatkan citra pendamping desa.

"Persepsi positif dari survei ini akan diglorifikasi sebagai kerja-kerja yang dilakukan pendamping desa," kata Gus Halim di Pekalongan, Senin, 21 Agustus 2023.

Gus Halim menegaskan, persepsi positif yang muncul dari hasil survei akan menjadi bukti keberhasilan dan efektivitas peran pendamping desa. Menurutnya, pendamping desa tidak bisa dinilai seperti ASN karena tidak miliki jam kerja dan statusnya belum pasti,” ujarnya.

Guna mempertahankan eksistensinya, imbuh Gus Halim, maka paradigma diubah, yaitu menempatkan posisi pendamping desa fokus ke pemberdayaan masyarakat.

"Pendamping desa generalis yaitu kewilayahan dan kewargaan, bukan spesialis akhirnya eksistensi menjadi lebih kuat," kata Gus Halim.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengungkapkan, pendamping desa merupakan amanah, bukan sekadar struktural lantaran. Oleh karena itu, eksistensi pendamping desa akan terus dipertahankan.

“Selain itu, pendamping desa tetap menjadi aset penting bagi desa, bahkan ketika telah mencapai status mandiri,” tukasnya.

Tags : Gus Halim , Kemendesa PDTT