Legislator PKB Dukung Rencana Pemkab Tangerang Terapkan Sanksi Pembakaran Sampah Ilegal

| Rabu, 23/08/2023 17:32 WIB
Legislator PKB Dukung Rencana Pemkab Tangerang Terapkan Sanksi Pembakaran Sampah Ilegal Ketua Desk Pilkada DPP PKB, Daniel Johan (Ist)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan mendukung kebijakan Pemkab Tangerang yang berencana menerapkan sanksi bagi para pelaku pembakaran sampah ilegal di wilayahnya. Meski begitu, pemerintah harus melakukan sosialisasi sebelum menerapkan sanksi atas pembakaran sampah yang dilakukan oleh warga.

“Langkah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat dan menghindari penerapan sanksi yang terlalu tiba-tiba,” ungkap Daniel Johan dalam keterangannya, Rabu, 23 Agustus 2023.

Menurut legislator PKB itu, sosialisasi dari pemerintah kepada masyarakat juga akan memberikan informasi tentang peraturan dan konsekuensi hukum yang dapat dihadapi apabila melakukan pelanggaran terkait pembakaran sampah ilegal.

“Sosialisasi juga memberikan kesempatan untuk mempromosikan alternatif yang lebih ramah lingkungan, seperti pengelolaan sampah dengan daur lang, kompos, atau sistem pengumpulan sampah terpadu,” urai Daniel.

Di sisi lain, Daniel  juga mengingatkan perlunya pengawasan ketat pada industri-industri yang melakukan pencemaran udara. Daniel menyebut, asap dari pabrik industri juga menjadi salah satu penyebab terjadinya polusi udara.

“Periksa benar-benar Amdal-nya bagaimana. Apakah penanganan polusi dari hasil produksinya sudah sesuai aturan. Dan Pemda harus berani mengambil tindakan tegas jika ada pelanggaran,” tukasnya.

Tags : PKB , Daniel Johan , Polusi Udara