Gus Halim: Digitalisasi Desa Dipercaya Mampu Gerakkan Ekonomi Perdesaan

| Kamis, 24/08/2023 21:13 WIB
Gus Halim: Digitalisasi Desa Dipercaya Mampu Gerakkan Ekonomi Perdesaan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (Gus Halim), mengatakan, digitalisasi desa dipercaya akan mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi desa ke tingkat yang belum pernah tercapai sebelumnya.

Maka dari itu, menurut Gus Halim, desa harus mampu memanfaatkan konektivitas digital untuk membuka akses informasi, pendidikan hingga peluang bisnis demi peningkatan kualitas hidup masyarakat perdesaan.

"Kita harus mampu manfaatkan perkembangan zaman ini, untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan kualitas hidup warga desa," kata Gus Halim di Sidoarjo, Rabu, 23 Agustus 2023 kemarin.

Dengan adanya desa digital, lanjut Gus Halim, akan membantu mengurangi kesenjangan antara perkotaan dan pedesaan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa secara signifikan.

"Saat ini capaian Tujuan SDGs Desa di Sidoarjo 52,31 persen poin. Digitalisasi akan meningkatkan capaian ini lebih cepat lagi pada tahun-tahun mendatang," tambahnya.

Selain itu, imbuh Gus Halim, digitalisasi desa juga akan mempercepat kemajuan BUM Desa. Interoperabilitas data BUM Desa akan menghubungkan berbagai Kementerian dan Lembaga dengan sangat mudah, dapat berlangsung di mana saja, dan kapan saja.

“Desa Digital juga harus menjadi kerangka kerja untuk membangun akuntabilitas, peran, dan otoritas pengambilan keputusan di pemerintahan desa,” tukas Gus Halim.

Tags : Desa , Gus Halim , Digitalisasi Desa