PSM dan TPP Diharapkan Sinergi Bangun Desa

| Senin, 04/09/2023 17:33 WIB
PSM dan TPP Diharapkan Sinergi Bangun Desa Kepala BPSDM Luthfiyah Nurlaela (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kepala BPSDM Luthfiyah Nurlaela meminta seluruh Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) dan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk saling berkolaborasi dalam membangun desa.

"Terkait sinergi saya selalu mendorong teman-teman balai untuk menggandeng TPP. Ini penting karena teman-teman PSM memberi pelatihan hanya sampai di situ. Teman-teman PSM sangat terbatas tapi untuk TPP mereka ada di semua tingkatan mulai desa sampai provinsi," papar Luthfiyah Nurlaela dalam rilisnya, Senin, 4 September 2023.

Sebagai upaya peningkatan kualitas SDM dan peningkatan ekonomi di desa, kata Luthfiyah Nurlaela, PSM wajib memberikan pelatihan untuk masyarakat sesuai dengan potensi masing-masing wilayah.

“Semua bentuk pelatihan yang diberikan oleh PSM membutuhkan peran penting TPP sehingga dapat terealisasi yang sifatnya berkelanjutan sebagaimana prinsip dalam pembangunan Indonesia,” kata Luthfiyah Nurlaela.

Menanggapi paparan Kepala BPSDM Luthfiyah Nurlaela ini, Kepala Balai PPMDDTT Ambon Iman Sugiman memastikan sinergitas tersebut terjadi, “Salah satunya melalui kolaborasi yang dilakukan bersama Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” imbuhnya.

Tags : Kemendes PDTT