Pemerintah Bakal Bangun Pengaman Pantai Sea Wall di Pantai Pebuahan Jembrana

| Rabu, 13/09/2023 21:30 WIB
Pemerintah Bakal Bangun Pengaman Pantai Sea Wall di Pantai Pebuahan Jembrana Pemerintah bakal melakukan pengaman pantau di kawasan pelabuhan Jembrana Bali (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merencanakan untuk  membangun Pengaman Pantai Sea Wall di Pantai Pebuahan sepanjang 1,9 kilometer (km) di Kabupaten Jembrana. Hal ini dilakukan untuk melindungi pantai dari resiko abrasi dan erosi akibat terjangan ombak.

"Pengerjaan desain Pantai Pabuahan tersebut diperkirakan sudah akan selesai pada Desember 2023,” kata Direktur Bina Teknik Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air Muhammad Rizal dalam keterangannya, Rabu, 13 September 2023.

Menurut Rizal, pengerjaan revetment Pantai Pebuahan akan dikerjakan sepanjang 1,9 km dan sedang proses pengusulan anggaran sebesar Rp50 miliar.

“Erosi dan abrasi pantai menyebabkan mundurnya garis pantai. Bahkan, sebagian rumah warga dan akses jalan desa rusak akibat terjangan gelombang tinggi,” ungkapnya.

Sementara itu, lingkup Pekerjaannya meliputi; mobilisasi dan demobilisasi, SMK3K, pekerjaan Revetment, pekerjaan galian, haulling, pasir, pemasangan Non-Woven Geotextlie dan pekerjaan pemasangan lapis armor.

Selain itu, pekerjaan pemasangan lapis underlayer, pekerjaan pemasangan lapis inti, pemasangan batu kali, paving block K. 225, beton kanstin, bagesting, dan  pembesian.

Tags : PUPR