Gus Halim Dorong Budidaya Anggrek BUMDes Bersama Singosari Bisa Ekspor

| Senin, 09/10/2023 20:27 WIB
Gus Halim Dorong Budidaya Anggrek BUMDes Bersama Singosari Bisa Ekspor Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar terus berperan aktif dalam meningkatkan budidaya anggrek yang dikelola oleh BUMDes Bersama Lkd Singosari. 

Diantaranya dengan menjembatani kerjasama antara BUMDes Bersama Singosari, Persatuan Anggrek Indonesia (PAI) dan PT Java Indo Arjuna (JAVINA).

"Target selanjutnya adalah strategi untuk maksimalkan budidaya anggrek ini agar bisa segera ekspor," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Malang, Minggu, 8 Oktober 2023.

Gus Halim-sapaan akrabnya akan membantu memastikan bahwa izin ekspor anggrek lengkap dan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk mengirimkan produk ke luar negeri.

"Meski ini sudah berjalan tapi izin ekspornya belum sempurna jadi belum dikirim ke luar negeri," kata Gus Halim.

Selain perizinan, Gus Halim juga ingin memastikan kualitas anggrek yang dimiliki BUMDes Bersama ini dapat memenuhi standar yang diperlukan untuk ekspor. Oleh karena itu, Ia mengunjungi langsung Green House ini untuk mengetahui secara detail permasalahan yang dihadapi untuk pengembangan budidaya anggrek ini.

"Setelah dari sini, saya akan berusaha maksimal untuk bertemu lintas kementerian seperti Kementerian LHK dan Kementerian Perdagangan agar ada bantuan fasilitas untuk pengembangan BUMDesa ini," kata Gus Halim.

Tags : BUMDes Bersama Singosari

Berita Terkait