Luluk Nur Hamidah Minta Pengembangan Energi Tak Rugikan Rakyat

| Senin, 25/09/2023 16:42 WIB
Luluk Nur Hamidah Minta Pengembangan Energi Tak Rugikan Rakyat Luluk Nur Hamidah (Anggota Komisi VI DPR RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VI DPR, Luluk Nur Hamidah mengingatkan agar pengembangan energi bersih dan ramah lingkungan tidak merugikan masyarakat.

Hal itu dia sampaikan menanggapi rencana pengembangan energi listrik tenaga surya di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Kabupaten Wonogiri. Politisi PKB itu berharap ada kesepahaman masyarakat dengan perusahaan terkait program itu.

"Banyaknya pengembangan energi listrik terutama yang ramah lingkungan akan membuat harganya murah. Tapi jangan sampai merugikan masyarakat, utamanya para nelayan di sekitar waduk karena tidak bisa bekerja," ungkap Luluk, Senin, 25 September 2023.

Dia menyatakan siap mengupayakan adanya solusi terbaik terkait program transisi energi bersih dan berkelanjutan tersebut. Luluk menyadari PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) merupakan pelaku utama industri panas bumi di Indonesia.

PGEO mengelola semua rantai produksi energi panas bumi, mulai eksplorasi, hingga distribusi. PGEO memiliki kapasitas terpasang sendiri 672 MW, dan 1205 MW dari Kontrak Operasi Bersama (KOB) di 15 Wilayah Kerja Panas Bumi yang ada di enam area.

Luluk berpesan, PGEO terus menjaga keberlanjutan, mengutamakan tanggung jawab lingkungan dan sosial, serta menerapkan praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan proyek-proyek energi panas bumi. PGEO tak boleh hanya berorientasi ekonomi.

“Fokus perusahaan jangan terbatas kepada aspek ekonomi, tetapi mencakup juga dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan operasi yang dilakukan," tukasnya. 

Lebih jauh, Luluk menilai PGEO berperan penting dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Sebab PGEO mengganti sumber energi konvensional. Energi panas bumi yang dihasilkan memberi dampak positif dalam mengatasi perubahan iklim. PGEO terus berusaha menjadi leader penyediaan energi berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Apalagi PGEO telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga penelitian, universitas, dan mitra industri. Kolaborasi itu untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan sumber daya guna mendorong inovasi dan pengembangan.

Luluk mendukung PGEO mengembangkan industri energi panas bumi guna menyediakan energi bersih dan ramah lingkungan. Hal itu disampaikannya saat Sosialisasi Peran PGEO Dalam Transisi Energi Bersih dan Berkelanjutan di Solo, Minggu (24/9).(Kurniawan)

Tags : DPR RI , PGEO , Luluk , Solo , Energi , Lingkungan