Ida Fauziyah: Perusahaan BUMN Miliki Peran Bangun Hubungan Industrial yang Harmonis

| Selasa, 17/10/2023 17:37 WIB
Ida Fauziyah: Perusahaan BUMN Miliki Peran Bangun Hubungan Industrial yang Harmonis Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah membuka Forum Strategi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Perusahaan BUMN yang mengambil tema “Harmoni Hubungan Industrial di BUMN, Harmoni untuk Indonesia," di Jakarta, Senin (16/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziyah mengajak perusahaan BUMN untuk dapat melakukan transformasi di bidang ketenagakerjaan demi menjaga hubungan industrial yang harmonis.

"Ini akan menjadi acuan bagi kondisi hubungan industrial di Indonesia," kata Menaker Ida Fauziyah.

Menurut Menaker Ida Fauziyah, jika dilihat dari perspektif ketenagakerjaan khususnya dalam konteks hubungan industrial, perusahaan BUMN memegang peranan utama bagi perekonomian Indonesia. Pada tingkat nasional, kata Ida, perusahaan BUMN selain berperan dalam menghasilkan keuntungan bagi perusahaan, perusahaan BUMN juga memiliki peran strategis untuk melayani kepentingan umum.

"Oleh karena itu, tepat lah bila perusahaan BUMN menjadi motor penggerak ekonomi nasional dan sebagai contoh pelaksanaan hubungan industrial bagi perusahaan lainnya," Imbuh Menaker Ida Fauziyah.

Menaker Ida Fauziyah menegaskan bahwa Pemerintah mempunyai kewajiban untuk menjaga kondisi hubungan industrial yang kondusif, ini bertujuan agar tercipta stabilitas dan peningkatan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

"Hubungan industrial yang kondusif itu penting sebagai awal keberhasilan suatu perusahaan," kata Menaker Ida Fauziyah.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan