Ketua DPR RI Dorong Pengurangan Plastik untuk Jaga Keselamatan Bumi

| Selasa, 24/10/2023 21:25 WIB
Ketua DPR RI Dorong Pengurangan Plastik untuk Jaga Keselamatan Bumi Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menyoroti pentingnya mengurangi limbah plastik dalam pengelolaan sampah. Diungkapkannya, ketegasan Pemerintah terhadap aturan penggunaan kemasan plastik tersebut juga dapat mendukung kebijakan hijau untuk keselamatan bumi.

"Mengurangi sampah plastik turut berkontribusi terhadap suksesnya kebijakan ekonomi hijau. Sebab, sampah plastik sulit terurai dan menyebabkan pencemaran bagi tanah dan laut. Kebijakan pengurangan penggunaan plastik masih terbatas hanya di beberapa daerah. Harusnya ini bisa dimaksimalkan di seluruh wilayah Indonesia dengan menerapkan kebijakan penggunaan kemasan dan kantong yang reusable atau dapat didaur ulang," kata Puan dilansir dari laman resmi DPR RI, Selasa, 24 Oktober 2023.

DPR sendiri menjadi lembaga yang mengedepankan gerakan ekonomi hijau demi memerangi krisis iklim. "Kami di DPR punya gerakan DPR Hijau yang menjadi sistem dan praktik untuk mendukung pengurangan limbah plastik maupun bahan-bahan yang sulit didaur ulang. Ini sebagai komitmen kami di parlemen untuk membudayakan gerakan go green. DPR pun mendukung pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau lewat usul RUU EBT yang menjadi aksi nyata dalam mengkampanyekan kesadaran pentingnya keberlanjutan ekonomi yang mengedepankan segala bentuk kegiatan ramah lingkungan," imbuhnya.

Politisi PDI-Perjuangan itu juga mengajak masyarakat untuk lebih menyayangi lingkungan dimulai dengan pemilahan sampah. Ia mengingatkan, penyelamatan lingkungan sangat penting bagi masa masa depan generasi penerus.

"Pembangunan infrastruktur demi kesejahteraan memang diperlukan. Tapi masalah pembangunan berkelanjutan juga penting, yang harus didukung oleh regulasi negara demi keselamatan hidup masyarakat itu sendiri," tuturnya.

Tags : DPR RI , Limbah Plastik , Lingkungan , Kebijakan