Wapres Maruf Amin Minta Hindari Tiga Isu Krusial di Pemilu 2024

| Rabu, 15/11/2023 16:57 WIB
Wapres Maruf Amin Minta Hindari Tiga Isu Krusial di Pemilu 2024 KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin meminta semua pihak perlu menghindari tiga isu krusial selama penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti. Adapun isu krusial tersebut yakni penyebaran hoaks, ujaran kebencian dan disinformasi seputar pemilu, serta politik identitas dan politik uang.

"Isu-isu itu akan menghambat proses peningkatan kualitas dan pendewasaan demokrasi di Indonesia," kata Wapres dalam acara "Habibie Democracy Forum" di Jakarta, Rabu, 15 November 2023.

Jelang Pemilu 2024, Wapres menilai sangat wajar dan alamiah apabila temperatur politik akan menghangat. "Sebagai dinamika demokrasi dan masih dalam koridor hukum, tentunya hal ini sah-sah saja. Perbedaan preferensi politik menjadi hal yang wajar, yang harus disikapi secara matang dan dewasa," tuturnya.

Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak untuk bekerja sama menyukseskan Pemilu 2024. Wapres pun berharap pemilu dapat berjalan lancar dan tingkat partisipasi pemilih meningkat dari Pemilu 2019 dengan partisipasi pemilih mencapai 81,93 persen.

"Semua yang hadir di sini memegang peranan yang penting dalam merawat dan meningkatkan kualitas demokrasi. Mari ciptakan tahun 2024 sebagai momentum untuk membangun lanskap politik dan demokrasi lebih baik demi kemajuan bangsa di masa depan," tukasnya.

Tags : Wapres RI , Maruf Amin , Pemilu 2024 , Isu