KPU RI Ungkap Tema Debat Pilpres, Tak Jauh dari RPJMN

| Minggu, 26/11/2023 08:37 WIB
KPU RI Ungkap Tema Debat Pilpres, Tak Jauh dari RPJMN KPU RI telah menetapkan nomor urut pasangan calon presiden-calon wakil presiden peserta Pilpres 2024. (Foto: KPU RI)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin mengatakan bahwa tema debat Pemilu Presiden (Pilpres) tidak berbeda jauh dengan apa yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan undang-undang.

"Yang pasti temanya tidak berubah, tidak berbeda jauh dengan yang ada dalam RPJMN dan juga yang ada di undang-undang itu. Tema-tema seputar demokrasi, penegakan hukum, dan seterusnya," kata Afifuddin dikutip dari antaranews, Minggu, 26 November 2023.

Dia mengatakan bahwa saat ini KPU sedang menyelesaikan pembahasan tema dan hari pelaksanaan debat pilpres. Setelah itu, kata dia, KPU RI akan mengkomunikasikan hasilnya termasuk lokasi debat dengan pihak-pihak terkait.

"KPU punya ide (tempat debat) tidak semua di Jakarta, tapi tentu kami harus menyampaikan dan mengkomunikasikan ke para LO (liaison officer), para perwakilan calon presiden, calon wakil presiden terkait dengan rencana-rencana itu. Tidak sepihak intinya," ujarnya.

Di sisi lain, Afifuddin memastikan bahwa salah satu dari lima lokasi debat akan dilaksanakan di Jakarta. Namun demikian, lanjutnya, lokasi debat di luar Jakarta akan mempertimbangkan beberapa hal.

"Tentu akan ada banyak pertimbangan kalau di luar Jakarta. Apakah pada mau? Bagaimana dengan nilai jual? Dan teman-teman wartawan harus ke sana-sini," kata Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI tersebut.

Sebagaimana diketahui, KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden sebagai peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Tags : KPU RI , Debat , RPJMN , Pilpres 2024