Tiga Paslon Pilpres 2024 Teken Deklarasi Kampanye Damai, Tertib, dan Taat Hukum

| Senin, 27/11/2023 17:01 WIB
Tiga Paslon Pilpres 2024 Teken Deklarasi Kampanye Damai, Tertib, dan Taat Hukum Bawaslu RI menggelar Deklarasi Kampanye Damai di Grand Sahid, Jakarta, Senin (27/11). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI di Grand Sahid, Jakarta, Senin, 27 November 2023 pagi. Deklarasi ini juga turut ditandatangani oleh perwakilan Partai Politik peserta Pemilu 2024.

Ketiga pasangan capres-wapres itu adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Dengan ini, ketiga pasangan capres dan cawapres mendukung terselenggaranya pemilu yang penuh damai.

Pembacaan Deklarasi dipimpin oleh Sekjen PKS, Habib Aboe Bakar Alhabsy dan diikuti oleh seluruh partai politik peserta pemilu serta capres-cawapres yang hadir. Setelah pembacaan deklarasi, ketiga paslon naik ke panggung menandatangani prasasti deklarasi kampanye damai.

Berikut isi deklarasi komitmen Pemilu damai:

Deklarasi kampanye damai, tertib dan taat hukum peserta Pemilu Tahun 2024. Kami peserta pemilu 2024 mendeklarasikan diri berkomitmen untuk:

  1. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa menghormati keberagaman serta mewujudkan suasana aman, tertib dan damai selama penyelenggaraan Pemilu
  2. Melaksanakan kampanye Pemilu dengan mematuhi perundang-undangan yang berlaku antara lain tidak melibatkan pihak yang dilarang, selama masa kampanye Pemilu
  3. Tidak melakukan politisasi SARA, menyebarkan hoax, ujaran kebencian, penghasutan, dan perbuatan politik uang selama penyelenggaraan Pemilu
  4. Tidak memanfaatkan tempat ibadah dalam melaksanakan kampanye.
Tags : Bawaslu RI , Deklarasi , Kampanye Damai , Pemilu , Pilpres

Berita Terkait