BPBD Agam Sebut 14 Kecamatan Kena Dampak Hujan Abu Erupsi Gunung Marapi

| Senin, 04/12/2023 05:01 WIB
BPBD Agam Sebut 14 Kecamatan Kena Dampak Hujan Abu Erupsi Gunung Marapi Penampakan erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Minggu (3/12). (Foto: beritasatu.com)

RADARBANGSA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatra Barat mencatat sebanyak 14 dari 16 kecamatan di daerah itu terdampar hujan abu dan batu usai Gunung Marapi erupsi, Minggu (3/12) siang.

 "Ini data yang kita peroleh dari masing-masing camat," kata Sekretaris BPBD Agam Olkawendri di Lubuk Basung, Minggu, 3 Desember 2023.

 Ia mengatakan, ke 14 kecamatan yang terdampak hujan abu dan batu sebanyak empat kecamatan yakni, Kecamatan Canduang, Sungai Pua, Ampek Angkek dan Malalak.

 Sedangkan kecamatan yang terdampak hujan abu sebanyak 10 kecamatan yakni, Kecamatan Banuhampu, Tilatang Kamang, Baso, Tanjung Raya, Lubuk Basung, Ampek Koto, Matur, Tanjung Mutiara, Palembayan dan Kamang Magek.

 "Kecamatan Palupuh dan Ampek Nagari tidak terdampak erupsi Gunung Marapi," katanya.

 Ia menambahkan, warga di empat kecamatan terdekat dengan Gunung Marapi masih bertahan di rumah mereka usai gunung tersebut erupsi.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut erupsi Gunung Marapi terjadi pada pukul 14.53 WIB.

"Hari ini telah terjadi erupsi Gunung Marapi dengan ketinggian kolom yang belum teramati karena tertutupi awan," kata petugas Pos Pengamanan Gunung Marapi Ahmad Rifandi dikutip dari beritasatu.com, Senin, 4 Desember 2023.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara ini ± 4 menit 41 detik.

Tags : Gunung Marapi , Erupsi , Sumatera Barat , Agam , BPBD

Berita Terkait