Elektabilitas AMIN Naik, Anies Baswedan: Masyarakat Sadar Butuh Perubahan

| Senin, 11/12/2023 16:45 WIB
Elektabilitas AMIN Naik, Anies Baswedan: Masyarakat Sadar Butuh Perubahan Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar (Pasangan Capres dan Cawapres RI). (Foto: twitter @cakimiNOW)

RADARBANGSA.COM - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan bahwa elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN terus naik di sejumlah survei. Selama beberapa bulan lalu, kata Anies, hasil survei elektabilitas selalu menempatkan dirinya di posisi ketiga. Namun, berdasarkan survei Litbang Kompas terbaru, posisinya naik menjadi kedua.

"Bila membutuhkan perubahan, satu-satunya ya nomor 1, menawarkan perubahan, jadi inilah yang kami bawa," kata Anies usai menghadiri dialog yang digelar oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menganggap kini banyak masyarakat atau pemilih yang mulai mencari informasi, makin memperhatikan, hingga membandingkan para calon presiden. "Kami yakin makin hari makin banyak warga yang menyadari bahwa Indonesia sekarang membutuhkan perubahan," ujarnya.

Sebelumnya, Litbang Kompas pada hari Senin merilis Hasil Survei Kepemimpinan Nasional Edisi Desember 2023 yang menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi pertama dengan elektabilitas 39,3 persen. Kemudian posisi kedua diisi oleh pasangan Anies-Muhaimin dengan elektabilitas 16,7 persen, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. memiliki elektabilitas 15,3 persen.

Di samping itu, survei tersebut juga menunjukkan masih ada sebanyak 28,7 persen yang belum menentukan pilihan, lebih tinggi daripada dua pasangan calon presiden/wakil presiden. 

Anies menilai tingginya angka yang belum menentukan pilihan itu menunjukkan pemilih belum stabil menentukan pilihannya.  Dia yakin angka tersebut juga menunjukkan ada pihak yang kehilangan suaranya.

"Kami terus menjangkau semua, sampaikan gagasannya dan mengajak kepada semuanya silakan bandingkan," ucapnya.

Tags : AMIN , Survei , Anies Baswedan , Muhaimin Iskandar , Pilpres