Kemenkes Bakal Buka Layanan Vaksinasi COVID-19 Gratis di Jalur Mudik Nataru

| Senin, 11/12/2023 23:35 WIB
Kemenkes Bakal Buka Layanan Vaksinasi COVID-19 Gratis di Jalur Mudik Nataru Seorang warga Jakarta saat dilakukan vaksinasi booster di Puskesmas Kramat Jati (foto: kemkes)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI membuka layanan vaksinasi COVID-19 di sejumlah fasilitas posko mudik guna menekan laju kasus selama libur Natal dan Tahun Baru 2024. Informasi tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

"Dari Kemenkes RI membuka vaksinasi, bagi mereka yang belum vaksin dan booster," ujarnya dilansir dari antaranews.

Ia mengatakan, Kemenkes RI menyiapkan lebih dari 143 posko mudik yang tersebar di sepanjang lintasan mudik Natal dan Tahun Baru 2024. Muhadjir mengimbau kepada pemudik untuk mewaspadai potensi penularan COVID-19 yang kini sedang mengalami tren peningkatan di Tanah Air.

"Yang penting para pemudik ini selama Natal dan tahun baru waspadai adanya COVID-19. Lebih bagus patuh protokol kesehatan, tapi tidak usah terlalu khawatir, nyaman-nyaman saja liburnya, ibadahnya juga berjalan seperti biasa tidak ada yang perlu dikhawatirkan," terangnya.

Meski Indonesia telah memasuki endemi COVID-19, Muhadjir menyebut status tersebut bukan berarti SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 sirna dari muka bumi. "Bahwa COVID-19 masih ada, yang memang ada ini kan endemi dan memang COVID-19 tidak akan hilang sama sekali," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan pemerintah masih menyimpan persediaan 4,1 juta dosis vaksin COVID-19 yang masih bisa dipakai memenuhi kebutuhan pemudik Natal dan tahun baru.

Tags : Kemenkes RI , Vaksinasi , COVID-19 , Mudik , Natal