Anies Baswedan Sebut Koperasi Kunci Ekspansi Pasar Tradisional

| Kamis, 14/12/2023 21:22 WIB
Anies Baswedan Sebut Koperasi Kunci Ekspansi Pasar Tradisional Anies Baswedan (Calon Presiden nomor urut 1). (Foto: katadata)

RADARBANGSA.COM - Calon presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan melanjutkan agenda kampanye ke Provinsi Jambi, Kamis, 14 Desember 2023. Anies dalam agenda kampanyenya mengunjungi Pasar Pagi Angso Duo. 

Para pedagang di Pasar Pagi Angso Duo mengadukan masalah harga pangan mahal hingga kesulitan permodalan. 

Menanggapi persoalan tersebut, Anies menawarkan solusi dengan membentuk Koperasi. Menurutnya, Koperasi dapat menjadi penyedia modal hingga buku peminjaman. 

"Tadi sudah disampaikan, keluhan pertama butuhnya bantuan modal dan perlu buku peminjaman. Kami mengusulkan untuk membuat koperasi," ujarnya saat berdialog dengan pedagang. 

Anies menilai, para pedagang bisa dengan mudah mendapat modal jika menjadi anggota koperasi. Mengingat sebelumnya, bantuan yang diterima para pemilik usaha di Jambi belum merata. 

Selain kemudahan modal, para pedagang juga bisa mengambil pinjaman. Ini karena nantinya, koperasi akan menerapkan sistem simpan pinjam.

"Kita ingin nanti di koperasi juga dikasih kesempatan simpan pinjam. Jadi kalau ada anggota yang untung, nanti dimasukkan ke kas. Dan kalau perlu, uangnya bisa dipinjam," tutur Mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Tags : Anies Baswedan , Jambi , Pedagang , Pasar , Koperasi , Pangan

Berita Terkait