Ketua DPR RI Minta Tingkatkan Antisipasi Jelang Pergantian Tahun

| Kamis, 28/12/2023 16:00 WIB
Ketua DPR RI Minta Tingkatkan Antisipasi Jelang Pergantian Tahun Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah dan pihak kepolisian beserta lembaga/instansi lain untuk menjaga kelancaran mobilisasi jelang momen pergantian tahun. Upaya ini menjadi krusial demi mewujudkan keamanan sekaligus kenyamanan bagi masyarakat selama arus balik Natal 2023 dan arus mudik Tahun Baru 2024.

"Pemerintah pusat dan daerah beserta pihak kepolisian harus bisa memastikan momen pergantian tahun berjalan dengan lancar untuk masyarakat," kata Puan dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 28 Desember 2023.

Politisi PDI Perjuangan itu meminta Pemerintah Daerah untuk bekerja sama dengan aparat keamanan guna mengantisipasi keramaian di malam pergantian tahun. Tidak hanya itu, ia juga meminta segenap pemerintah konsisten memantau sejumlah destinasi wisata. 

Hal ini, nilainya, harus dilakukan mengingat perlu antisipasi kemacetan lalu lintas akibat semakin tingginya kepadatan mobilisasi masyarakat. "Pastikan kelancaran untuk arus balik Natal 2023, dan arus mudik kedua jelang pergantian tahun. Mobilitas tinggi masyarakat harus menjadi perhatian Pemerintah dan pihak-pihak terkait," tukas Puan.

"Ada banyak masyarakat yang juga memanfaatkan moda transportasi publik saat musim liburan seperti ini. Kemenhub beserta operator pelayanan di Bandara, Jalan Tol, Terminal, Stasiun Kereta Api, dan Pelabuhan harus terus siaga dan memberikan pelayanan terbaik," sambungnya.

Puan mengimbau untuk terus memperhatikan keamanan diri dan keluarga saat melakukan perjalanan. "Selalu hati-hati saat berkendara maupun saat menumpang kendaraan umum. Utamakan selalu keselamatan, dan antisipasi potensi penyebaran virus saat berada di tempat-tempat yang padat. Protokol kesehatan harus selalu diterapkan," pesannya.

Tags : DPR RI , Tahun Baru , Antisipasi , Transportasi , Keamanan