KPU RI Sebut Debat Ketiga Pilpres 2024 Bakal Digelar di Istora Senayan

| Rabu, 03/01/2024 21:42 WIB
KPU RI Sebut Debat Ketiga Pilpres 2024 Bakal Digelar di Istora Senayan KPU RI telah menetapkan nomor urut pasangan calon presiden-calon wakil presiden peserta Pilpres 2024. (Foto: KPU RI)

RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan debat ketiga Pilpres 2024 yang mempertemukan tiga calon presiden (capres) bakal digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 7 Januari 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh anggota KPU RI, August Mellaz usai menggelar rapat persiapan debat ketiga bersama pihak tim pasangan calon presiden/wakil presiden serta media TV penyelenggara debat.

"Jadi, untuk debat ketiga itu akan dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2023 bertempat di Istora Senayan," kata anggota KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (3/1).

Terkait dengan tema debat, dia menyampaikan bahwa ada pengembangan dari empat tema menjadi enam tema sebab ada beberapa tema sebelumnya yang mendapatkan perluasan.

Keenam tema tersebut meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

"Kemarin 'kan posisinya 4 tema, nah, pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri, kemudian hubungan internasional kami expand dengan globalisasi, lalu geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami expand dengan politik luar negeri," jelasnya.

Untuk format debat, kata dia, tidak mengubah dari format debat capres sebelumnya. Oleh karena itu, segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang dimulai lebih dahulu oleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan oleh masing-masing capres pada segmen keenam.

"Perubahan itu akan terjadi karena venue saja. Lokasinya akan berbeda, tetapi sedapat mungkin layout dan sebagainya tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan debat kedua di JCC (Jakarta Convention Center)," tukasnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga akan tetap menyediakan podium pada debat kedua capres tersebut.

Tags : KPU RI , Debat , Capres , Pilpres , Istora Senayan