Hasil Survei Poltracking: Elektabilitas Pasangan AMIN Naik, Pilpres Potensi Dua Putaran

| Jum'at, 19/01/2024 20:33 WIB
Hasil Survei Poltracking: Elektabilitas Pasangan AMIN Naik, Pilpres Potensi Dua Putaran Pasangan Capres dan Cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri acara Jalan Sehat Santri Sarungan di GOR PKPSO, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (29/10). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru elektabilitas pasangan capres-cawapres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Jumat, 19 Januari 2024. Hasilnya, elektabilitas paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN menjauhi paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Survei dilakukan pada periode 1 sampai 7 Januari 2024. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.220 responden dengan cara wawancara tatap muka. Margin of error dari survei ini yakni +/- 2.9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel dilakukan kepada WNI yang sudah memiliki hak pilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Poltracking lebih dulu melakukan survei terhadap 3 capres tunggal. Responden ditanya 'Jika Pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut?'. Hasilnya adalah:

- Prabowo Subianto: 46,9%
- Anies Baswedan: 26,7%
- Ganjar Pranowo: 20,2%
- Tidak tahu/tidak jawab: 6,2%

Sementara itu, untuk hasil survei pasangan capres-cawapres, Prabowo-Gibran unggul dari Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin. 

- Prabowo-Gibran: 46,7%
- Anies-Cak Imin: 26,9%
- Ganjar-Mahfud: 20,6%
- Tidak tahu/tidak jawab: 5,8%

Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yudha mengatakan dari angka survei terkini, Anies dan Prabowo mengalami kenaikan dan Ganjar turun sampai 6,7 persen.

"Jadi trennya 01 Anies Baswedan mengalami kenaikan sekitar 3,8 persen. Kemudian Prabowo-Gibran mengalami kenaikan tipis hanya 1,5% di dalam rentang margin of error, sementara Ganjar itu ada penurunan yang signifikan sampai 6,7 persen," ujar Hanta Yuda, dalam paparan survei, Jumat, 19 Januari 2024.

Tags : Poltracking Indonesia , Survei , Capres , Cawapres , AMIN , Pilpres

Berita Terkait