Pertama di Sulbar, Pemerintah Bangun Bendungan Budong-Budong Mamuju Tengah

| Rabu, 28/02/2024 19:32 WIB
Pertama di Sulbar, Pemerintah Bangun Bendungan Budong-Budong Mamuju Tengah Pemerintah tengah mengerjakan pembangunan Bendungan Budong-Budong (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah tengah mengerjakan pembangunan Bendungan Budong-Budong di Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, bendungan ini merupakan yang pertama di Sulbar. Pembangunan ini jugamasuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai Perpres No. 109 Tahun 2020 untuk menambah jumlah tampungan air dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan air.

“Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Sehingga bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat bagi masyarakat, karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” kata Menteri Basuki dalam rilisnya, Rabu, 28 Februari 2024.

Kepala BWS Sulawesi III Kementerian PUPR Dedi Yudha Lesmana mengatakan, konstruksi pembangunan Bendungan Budong-Budong telah dimulai sejak Desember 2020.

"Progres konstruksi pembangunan bendungan pertama di Sulawesi Barat saat ini adalah 27%," ujarnya.

Sementara itu, bertindak sebagai kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya- PT. Bumi Karsa, KSO dan Konsultan Supervisi PT. Indra Karya - PT. Tuah  Agung Anugrah - PT. Ciriajasa E.C, KSO  dengan kontrak sebesar Rp 1,02 triliun.

Tags : Bendungan , PUPR

Berita Terkait