Kemenhub: Potensi Pergerakan Masyarakat Selama Lebaran 2024 Mencapai 193,6 juta Orang

| Rabu, 13/03/2024 21:06 WIB
Kemenhub: Potensi Pergerakan Masyarakat Selama Lebaran 2024 Mencapai 193,6 juta Orang Arus mudik lebaran 2023 (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Kebijakan Transportasi bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta melibatkan para pakar dan akademisi di bidang transportasi telah mengadakan survei potensi pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024 (Idul Fitri 1445 H).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa berdasarkan hasil survei tersebut, pergerakan masyarakat secara nasional berpotensi mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang.

"Melihat gambaran kondisi tersebut, kami melakukan langkah persiapan baik secara operasional maupun kebijakan dalam pengendalian, pengaturan transportasi, dan penanganan secara komprehensif bersama Instansi kementerian dan lembaga pada pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, serta pihak swasta," kata Menhub Budi dalam rilisnya, Rabu, 13 Maret 2024.

Untuk itu, lanjut Menhub Budi, pemerintah akan memberlakukan kebijakan yang efektif untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik yang mengakibatkan kepadatan di simpul dan di ruas jalan melalui pola perjalanan, pola transportasi, dan pola lalu lintas.

"Pengaturan waktu mudik, penyelenggaraan diskon tarif transportasi massal untuk mudik lebih dini, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon tarif jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas terutama pada daerah yang beresiko terjadi kepadatan luar biasa akan kami lakukan," tukasnya.

 

Tags : Mudik Lebaran , Mudik Idul Fitri