Presiden Jokowi dan Wapres Ma`ruf Amin Serahkan Zakat ke Baznas di Istana

| Rabu, 13/03/2024 21:23 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres Ma`ruf Amin Serahkan Zakat ke Baznas di Istana Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin menyerahkan zakat ke Baznas di Istana Negara Jakarta (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerahkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/03/2024).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengingatkan mengenai kewajiban berzakat bagi setiap umat Islam sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah Swt, “Dengan berzakat, kita memperkuat fondasi keimanan, menolong kaum duafa, menyucikan jiwa dari sifat kikir, meningkatkan ketenangan batin,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga berharap, menunaikan zakat dapat menjadi penyempurna ibadah umat Islam di bulan Ramadan ini, “Semoga zakat yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah Ramadan kita, meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt.,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Noor Achmad dalam laporannya mengatakan bahwa Gerakan Cinta Zakat yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi pada April 2021 silam telah memberikan dampak signifikan terhadap kinerja pengumpulan zakat secara nasional.

“Gerakan Cinta Zakat yang telah Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden luncurkan telah memberikan dampak yang sangat besar terhadap kinerja pengumpulan zakat secara nasional dari berbagai sektor,” katanya.

Sementara itu, lanjut Achmad, pada tahun 2023 total pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di SKL Baznas dan LAZ seluruh Indonesia mencapai Rp32 triliun, atau meningkat sebesar 43,74 persen dari sebelumnya.

“Di Baznas pusat sendiri tercatat pengumpulannya tumbuh 39,8 persen, pada tahun 2023 terkumpul Rp881 miliar,” tukas Achmad.

Tags : Presiden Jokowi , zakat

Berita Terkait