Empat Bandara di Sulawesi Diresmikan Presiden Jokowi

| Selasa, 26/03/2024 20:22 WIB
Empat Bandara di Sulawesi Diresmikan Presiden Jokowi Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo meresmikan 4 bandara di Sulawesi. Peresmian dilakukan di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Sulawesi Tengah, Selasa, 26 Maret 2024.

Diketahui 4 bandara tersebut 2 berada di Sulawesi Tengah yakni Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Palu dan Bandara Banggai Laut di Kabupaten Banggai Laut. Sementara dua lagi di Sulawesi Utara yakni Bandara Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, dan Bandara Taman Bung Karno di Kabupaten Sitaro.

“Kita tahu kerusakan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri ini betul-betul sangat berat. Saat itu runway-nya juga rusak, terminalnya juga rusak. Sehingga kita lakukan rehabilitasi dan rekonstruksi, termasuk tiga bandara yang lainnya, baik yang berada di Sulawesi Tengah maupun Sulawesi Utara,” ujar Presiden Jokowi.

Sementara itu, lanjut Presiden, Bandara Banggai Laut memiliki runway berukuran 1.200 meter x 30 meter dan bisa didarati oleh pesawat tipe ATR 72 terbatas. Luas terminal penumpang bandara ini adalah 1.400 meter persegi dan dapat menampung penumpang hingga 39 ribu orang setiap tahunnya.

“Kemudian, Bandara Bolaang Mongondow memiliki runway berukuran 1.600 meter x 30 meter dan dapat didarati oleh pesawat tipe ATR 72. Dengan luas terminal penumpang sebesar 993 meter persegi, bandara ini mampu menampung penumpang hingga 52 ribu orang setiap tahunnya,” imbuhnya.

Terakhir, kata Presiden Jokowi, Bandara Taman Bung Karno memiliki runway berukuran 1.400 meter x 30 meter dan dapat didarati oleh pesawat tipe ATR 72. Luas terminal penumpang bandara ini adalah 600 meter persegi.

“(Bandara ini) dapat menampung penumpang hingga 27 ribu orang setiap tahunnya,” tukasnya.

Tags : Presiden Jokowi , Infrastruktur Bandara

Berita Terkait