Hardiknas 2024, Ketua DPR RI Dukung Kemajuan Ekosistem Pendidikan

| Kamis, 02/05/2024 20:15 WIB
Hardiknas 2024, Ketua DPR RI Dukung Kemajuan Ekosistem Pendidikan Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak segenap pihak untuk mendukung kemajuan ekosistem pendidikan di Tanah Air saat momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ke-65 pada 2 Mei 2024.

"Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari kita tingkatkan kualitas pendidikan secara merata di Indonesia. Dukung pula kemajuan ekosistem pendidikan agar anak-anak bisa sekolah dengan rasa aman dan menyenangkan," kata Puan dalam keterangannya yang dikutip, Kamis, 2 Mei 2024.

Menurut Puan, banyaknya tantangan dalam dunia pendidikan di Indonesia memerlukan kerja sama semua elemen bangsa. DPR berkomitmen untuk terus mendukung dan mengawal program-program pendidikan demi pembangunan bangsa.

Puan mengingatkan bahwa ekosistem pendidikan berpengaruh terhadap terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Ekosistem pendidikan tersebut, misalnya, pemerataan kualitas pendidikan di Tanah Air hingga hak anak memperoleh sekolah yang aman dalam menempuh pendidikan.

Puan menilai pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah yang cukup kompleks.

Menurut dia, salah satu tantangan utama dalam pemerataan pendidikan adalah kesenjangan antara daerah perkotaan dan perdesaan karena kebanyakan sekolah berkualitas tinggi berada di kota-kota besar. Sementara daerah perdesaan masih kekurangan fasilitas pendidikan yang memadai sehingga ada kesenjangan kualitas pendidikan.

Untuk itu, Puan mengingatkan pemerintah terus mengevaluasi kinerja pelayanan pendidikan demi memastikan semua anak memperoleh kesetaraan dalam mendapatkan pendidikan yang layak.

"Menjadi tugas pemerintah untuk memastikan semua anak di Indonesia memperoleh kualitas pendidikan yang sama, yang di dalamnya juga menyangkut mengenai sarana prasarana serta infrastruktur pendukung pendidikan," ucapnya.

Puan pun berharap peringatan Hardiknas 2024 tidak dijadikan hanya sebagai seremoni, sebaliknya mengajak segenap pemangku kepentingan dan masyarakat untuk merefleksikan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini.

Tags : Hardiknas 2024 , DPR RI , Pendidikan , Indonesia

Berita Terkait