Hadir di Rakernas APKASI, Presiden Jokowi Minta Daerah Tingkatkan Serapan Anggaran

| Rabu, 10/07/2024 21:15 WIB
Hadir di Rakernas APKASI, Presiden Jokowi Minta Daerah Tingkatkan Serapan Anggaran Presiden Jokowi saat meresmikan pembukaan Rakernas Apkasi di JCC, Jakarta (Foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024.

“Tapi kita patut bersyukur bahwa negara kita mampu bertahan dari hambatan-hambatan, tantangan-tantangan yang ada. Dan, ekonomi kita masih tumbuh 5,11 persen di kuartal pertama tahun 2024,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa ke depan tantangan akan semakin rumit dan semakin kompleks. Oleh sebab itu, ia meminta daerah untuk adaptif dan berinovasi dalam mengembangkan potensi daerahnya masing-masing.

“Saya hanya ingin titip bahwa potensi-potensi yang ada di daerah itu harus dikembangkan, harus dikembangkan, baik dari sisi finance, dari sisi pangan, dari sisi energi, dari sisi industrinya, dari sisi teknologinya,” tambah Presiden.

Tak lupa, Presiden Jokowi juga mengingatkan masalah serapan anggaran dan penggunaan produk dalam negeri. Ia mengungkapkan bahwa saat ini penggunaan produk dalam negeri oleh kabupaten dan kota baru masih sangat rendah.

“Penggunaan produk dalam negerinya masih 41 persen untuk kabupaten dan kota, 41 persen, masih kecil. Artinya, selain itu berarti produk-produk impor,” ujar Presiden Jokowi.

Tags : APKASI , Anggaran Daerah

Berita Terkait