Legenda Bulutangkis Didapuk Jadi Pembawa Obor Pertama

| Jum'at, 13/07/2018 19:09 WIB
Legenda Bulutangkis Didapuk Jadi Pembawa Obor Pertama Susy Susanti (Legenda Bulutangkis Indonesia). (Foto:badmintonorg)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kirab obor Asian Games 2018 akan segera dilaksanakan. Legenda atlet nasional Susy Susanti akan menjadi pelari pertama yang membawa obor di Yogyakarta.

Kirab obor itu akan dimulai dari New Delhi, India, negara pertama yang menggelar Asian Games. Kemudian, obor akan diterima di Yogyakarta pada 18 Juli dan dibawa berkeliling ke 54 kota dan 18 provinsi dengan jarak sekitar 18 ribu KM. Usai diarak, obor akan diterima oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara pada 18 Agustus.

Direktur Ceremony Opening Closing Asian Games 2018 INASGOC, Herty Purba, optimistis kirab obor bakal berjalan lancar. Sejauh ini, sudah ada 40 atlet yang akan ikut meramaikan di 54 kota, 18 provinsi di Indonesia.

Pelari sekaligus pembawa obor pertama akan diserahkan kepada mantan atlet bulutangkis, Susi Susanty, yang juga peraih medali emas di Olimpiade 1992. Sejumlah atlet legendaris juga akan berpartisipasi, di antaranya Taufik Hidayat, Yustedjo Tarik dan atlet cabang olahraga lainnya.

"Pelari pertama di Yogyakarta ada beberapa mantan atlet legenda nasional. Susi Susanty akan menjadi pelari pertama yang akan start di Tugu, bersama beberapa pelatih daerah," ujarnya kepada awak media di Jakarta, Kamis, 12 Juli 2018.

Herti menjelaskan, kegiatan kirab obor tersebut diharapkan bisa menularkan demam Asian Games 2018 kepada seluruh masyakarat Indonesia. INASGOC berharap bisa mengenalkan kota-kota bersejarah dan pariwisata kepada seluruh dunia.

"Kami mau menujukkan kepada dunia, bahwa kita memiliki banyak sejarah, budaya, pariwisata tapi terwujud dalam satu kesatuan mindset ini yang kami mau tunjukkan ke dunia," pungkasnya.

Tags : Asian Games 2018 , Obor Asian Games , Susi Susanty

Berita Terkait