Gelar Event MotoGP 2021, Mandalika Bakal Serap 7.500 Pekerja

| Rabu, 24/06/2020 20:08 WIB
Gelar Event MotoGP 2021, Mandalika Bakal Serap 7.500 Pekerja MotoGP. (Foto: twitter @Kompasqq)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia akan menggelar event olahraga balapan motor bergengsi di dunia pada tahun 2021 mendatang, yakni MotoGP. Event tersebut akan diselenggarakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer menyampaikan bahwa penyelenggaraan event MotoGP di Mandalika bakal berdampak besar bagi perekonomian baik daerah maupun nasional. Dampak tersebut salah satunya dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Menurutnya, demi suksesnya penyelenggaraan tersebut, pihaknya membutuhkan hingga 7.500 tenaga kerja. Rinciannya, adalah 5.000 personil tenaga kerja non permanen dan sekitar 2.500 tenaga kerja supporting permanent.

"Ada 5.000 personel tenaga kerja nonpermanen dan 2.500 tenaga kerja supporting," papar Abdulbar dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, di Kompleks MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020.

Dia menuturkan, KEK Mandalika nantinya akan difokuskan untuk event-event automotif. Abdulbar menyebut sejumlah event olahraga automotif berskala internasional juga akan digelar di lokasi tersebut.

Untuk itu, pihaknya membutuhkan suntikan modal dari pemerintah sebesar Rp500 miliar, sehingga proyek KEK Mandalika termasuk sirkuit MotoGP bisa selesai tepat waktu meskipun ditengah pandemi COVID-19. "Olaharaga yang kita usung adalah MotoGP dan yang lainnya olahraga yang berhubungan dengan automotif," ucapnya seperti dilansir dari okezone.com.

Tags : KEK Mandalika , MotoGP , Tenaga Kerja , DPR RI

Berita Terkait