Turun 88 Persen, Kunjungan Wisman ke Indonesia Masih Landai

| Selasa, 01/12/2020 17:43 WIB
Turun 88 Persen, Kunjungan Wisman ke Indonesia Masih Landai Wisatawan China di Bali (Doc: Tagar)

RADARBANGSA.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut trafik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia di Bulan Oktober masih landai. Hal ini utamanya ditopang dengan fenomena jumlah kunjungan wisman yang hanya berada di kisaran 158,19 ribu kunjungan.

“Pergerakannya, kelihatannya masih landai begitu. Dari data kita baru sampai bulan oktober yaitu sebesar 158,2 ribu wisatawan mancanegara,” kata Setianto dalam konferensi pers virtual, Selasa 1 Desember 2020.

Ia merinci, kunjungan wisman Bulan Oktober jika dibandingkan September masih meningkat sekitar 4,6 persen. Namun jika dibandingkan dengan tahun lalu penurunannya melampui 88 persen.

“Jadi terkait dengan covid-19 ini tentu saja beberapa negara yang sudah mengalami pelonggaran kemudian di negara lain mengalami pengetatan. Ini yang menyebabkan wisatawan mancanegara masih berpikir-pikir untuk masalah kesehatan,” imbuh Setianto.

Ia menambahkan jika saat ini kerjasama berbagai pihak juga sedang difokuskan ke masalah kesehatan, khususnya terkait masalah mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Ini menjadi suatu keharusan kalau kita ingin ekonomi bergerak,” tukas Setianto.

Untuk Bulan Oktober, ia merinci sebagian besar wisman yang berkunjung berangkat dari jalur darat (28 persen), sisanya dari jalur laut (29 persen) dan terakhir dari jalur udara (8 persen).

“Memang masih jauh dari kondisi normal seperti di bulan oktober tahun sebelumnya,” begitu tandas Setianto.

 

 

Tags : wisman , bps , landai

Berita Terkait