Hamilton Juara Balap Formula 1 GP

| Senin, 03/05/2021 20:30 WIB
Hamilton Juara Balap Formula 1 GP

RADARBANGSA.COM -Lewis Hamilton dari Tim mercedes AMG meraih juara di Grand Prix Formula Satu (GP F1) Portugal di Sirkuit Portimao, Minggu, 2 Mei 2021. Lewis Hamilton di GP portugal ini finis dengan urutan pertama, kemudian disusul oleh Max Verstappen di urutan kedua, dan Valterri Bottas yang finis di urutan ketiga.

Kemenangan ini merupakan kemenangannya yang ke-97 sepanjang karir F1nya. Ia mampu melewati pembalap start terdepan rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas yang finis posisi ketiga, dan seterunya Max Verstappen dari Tim Red Bull yang finis kedua. Kemudian, finis di posisi keempat adalah pembalap kedua Red Bull, Sergio Perez.

Terdapat titik merosot Hamilton pada posisi ketiga, tetapi pembalap Mercedes itu dengan cerdik melaju di lap 20 dari 66 lap untuk finis di depan Verstappen. 

“Itu adalah balapan yang sulit, secara fisik dan mental, untuk menjaga semuanya tetap berjalan,” ucap Hamilton.

“Ini tepat di batas yang saya miliki. Balapan yang hebat" lanjut Hamilton.

Pembalap tim McLaren, Lando Norris finis di posisi kelima, diikuti pembalap Ferrari Charles Lecrec.

Dua pembalap tim Alpines, Esteban Ocon dan Fernando Alonso tampil mengesankan dengan finis di posisi tujuh dan delapan.

Posisi sembilan dan 10 diraih Daniel Ricciardo dan Pierre Gasly.

Sejak awal balapan, tiga pembalap, Bottas, Hamilton dan Verstappen sudah berada di posisi terdepan. Bottas mengambil posisi start pertama, membatalkan upaya Hamilton untuk mencapai posisi start pertama yang ke-100. Bottas memulai balapan di posisi pertama, diikuti oleh Hamilton di posisi start kedua dan Verstappen di posisi start ketiga.

“Hari ini adalah hari yang sulit, hanya saja kecepatannya tidak sesuai,” ucap Bottas.

Terdapat insiden yang menimpa Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi membuat mobil pengaman (safety car) masuk ke dalam lapangan, karena banyak pecahan sasis mobil di lintasan. Kimi Raikkonen kehilangan sayap depan dan menabrak kerikil setelah ban kiri belakang rekan setimnya di Alfa Romeo, Antonio Giovinazzi terpotong.

"Itu adalah kesalahanku," kata Raikkonen.

"Aku senang aku tidak merusak bannya," tambah Raikkonen.

Sesaat setelah mobil pengaman masuk, Verstappen tampil menyerang dan mengambil alih posisi kedua dari Hamilton.

Meski demikian, pembalap Inggris itu mampu kembali melewati pembalap muda Belanda tersebut di putaran 11 dari total 66 putaran, Setelah itu Hamilton melewati rekan setimnya Bottas di putaran ke-20.

Setelah menyalip Verstappen, Hamilton kemudian mulai mengejar Bottas, menyalipnya dengan gerakan bagus di luar untuk menandai otoritasnya pada balapan.

“Saya tidak mendapatkan awal yang bagus seperti Valtteri dan kemudian kalah saat restart, itu tidak bagus. Saya harus mencoba dan memposisikan diri saya kembali,” kata Hamilton.

“Saya pikir Max membuat kesalahan di beberapa titik dan itu sempurna. Dengan Valtteri saya harus bergerak lebih awal sebelum ban hancur, dan saya berhasil mendapatkannya.” lanjut Hamilton.

Verstappen tertahan di belakang Bottas, yang memungkinkan Hamilton untuk bergerak maju hampir empat detik mendekati titik tengah.

Tags : Lewis Hamilton , Formula one

Berita Terkait