F1 Singapura Resmi Batal Digelar, AS dan Turki Peluang Menggantikan

| Senin, 07/06/2021 17:46 WIB
F1 Singapura Resmi Batal Digelar, AS dan Turki Peluang Menggantikan McLaren MCL35M, Daniel Ricciardo (sumber:Formula1.com)

RADARBANGSA.COM - Bagi penggemar balapan Formula 1 (F1) dikawasan asia tentunya Grand Prix Singapura sudah dinanti-nanti. Namun, harapan untuk menyaksikan balapan GP Singapura di musim 2021 ini ternyata tidak tercapai. Pasalnya, gelaran Grand Prix (GP) Singapura 2021 dibatalkan. 

Otoritas Singapura dengan pihak Formula 1 (F1) memutuskan untuk menghapus jadwal balapan yang rencananya akan digelar di Sirkuit Marina Bay, 1-3 Oktober 2021. Pembatalan tersebut atas alasan keamanan dan kesehatan yang menjadi prioritas pihak penyelenggara di Singapura. 

Keputusan pembatalan tersebut diumumkan oleh promotor balapan GP Singapura pada Jumat, 4 Juni 2021.

Dalam pengumumannya, pihak promotor mengatakan bahwa pembatalan F1 GP Singapura merupakan keputusan sulit yang harus diambil demi keselamatan setiap pihak di tengah pandemi Covid-19.

“Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Formula 1 mengatakan akan terus bekerja dengan semua promotor selama waktu ini dan memiliki beberapa opsi untuk balapan tambahan,” tulis pernyataan dalam laman resmi F1, dilansir Sabtu, 5 Juni 2021.

“Kami memahami bahwa para penggemar kami menantikan edisi lain dari GP F1 Singapura. Membatalkan acara untuk tahun kedua adalah keputusan yang sangat sulit, tetapi keputusan yang diperlukan mengingat pembatasan yang berlaku untuk acara langsung di Singapura,” jelas Wakil Ketua GP Singapura, Colin Syn.

Dibatalkannya GP Singapura, pihak F1 rencananya akan mencari solusi dengan menambah satu seri tambahan untuk menggantinya. Hal ini dimaksudkan agar 23 seri balapan tetap terlaksana pada musim ini. Di antaranya adalah mengadakan balapan pengganti di Amerika Serikat (AS).

Alternatif lain melibatkan GP Turki yang sebelumnya harus diundur. Balapan itu sebelumnya gagal berlangsung pada jadwal awal, pada 13 Juni. Mereka pun kini berpeluang mengisi slot milik GP Singapura.

 

Tags : F1 , batal , singapura

Berita Terkait