Menpora Bocorkan Syarat Nonton PON XX di Papua

| Selasa, 13/07/2021 19:18 WIB
Menpora Bocorkan Syarat Nonton PON XX di Papua Menpora Amali (foto:kemenpora.go.id)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membocorkan persyaratan menonton jika ingin menyaksikan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di papua secara langung. Masyarakat yang tidak memiliki kartu vaksin atau yang belum di vaksin maka tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam lokasi pertandingan.

“Bagi mereka yang tidak mau divaksin pasti tidak diperbolehkan untuk menonton,” kata Zainudin Amali seusai rapat terbatas terkait persiapan PON XX Papua yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, Selasa, 13 Juli 2021.

Zainudin juga mengatakan bahwa pemerintah hingga saat ini belum memutuskan PON XX untuk dapat dihadiri penonton secara fisik atau tidak walaupun dengan protokol kesehatan yang ketat. Karena saat ini masih dberlakukan pembatasan terkait kehadiran penonton menginat Indonesia masih dalam lonjakan kasus pandemi virus Covid-19. 

“Selanjutnya untuk pelaksanaan pertandingannya sendiri maih akan diputuskan pada bulan September, apakah tanpa penonton atau menggunakan penonton terbatas sebagian,” ujar Zainudin Amali.

Selain itu, pihaknya masih melakukan pemantauan terhadap perkembangan Covid-19 selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) baik darurat di Jawa-Bali maupun berbasis mikro.

“Belum diambil keputusan pada rapat terbatas tadi karena kita sedang melihat, memantau perkembangan dari Covid itu sendiri,” terang Zainudin Amali.

Namun, bila sudah ada keputusan mengizinkan penonton hadir dalam lokasi pertandingan, tentu harus memenuhi beberapa ketentuan. Diantaranya, jumlah penonton harus terbatas karena mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Kemudian, harus sudah divaksinasi Covid-19.

“Jadi sekali lagi saya tegaskan kalau keputusannya semua pertandingan boleh ditonton, maka bisa dipastikan semua yang menonton itu harus sudah divaksin,” tegas Zainudin Amali.

Tags : PON Papua XX , Menpora

Berita Terkait