PLN Gelar Simulasi Listrik di PON Papua untuk Antisipasi Gangguan Pemadaman

| Senin, 13/09/2021 18:21 WIB
PLN Gelar Simulasi Listrik di PON Papua untuk Antisipasi Gangguan Pemadaman Stadion Papua Bangkit (foto:KementrianPUPR)

RADARBANGSA.COM - PT PLN (persero) mengadakan simulasi anti pemadaman listik seagai bentuk mengantisipasi gangguan ketika melaksanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021.

Direktur Bisnis PLN Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, Syamsul Huda mengatan simulasi kelistikan ini dilakukan untuk mengukur kesiapan perseroan dalam menghadapi gangguan ketika PON dilaksanakan.

"Jika sistem listrik dari PLN itu padam, backup-nya sudah bisa jalan, ada UPS dan mobile genset yang kita pasang, sehingga praktis tidak ada kedip saat terjadi gangguan pada sistem kelistrikan PLN,” kata Huda dilansir beritasatu.com, Senin 13 September 2021.

Pelaksanaan simulasi dimulai dari keadaan normal dengan beban venue disuplai oleh jaringan listrik yang ada.

Kemudian ada pertugas yang bersiaga untuk memadamkan suplai listrik, untuk membuat seolah-olah terjadi gangguan pada sistem kelistrikan. 

Kondisi ini menyebabkan suplai listik di venue secara otomastis akan digantikan baterai uninterruptible power supply (UPS), sebelum akhirnya genset akan beroperasi secara otmatis mengalirkan listrik.

"Dengan cara ini listrik pada venue tidak mengalami kedip atau padam," jelas Huda.

Sistem UPS digunakan di venue PON XX Papua untuk menjaga instalasi penting yang tidak boleh mati ketika pemadaman, seperti lampu penerangan dan videotron.

Untuk mengamankan kelistrikan PON XX Papua, PLN akan menyiapkan 1.574 petugas yang tersebar di empat klaster penyelenggara.

“Kami akan mengirimkan tambahan personel dari unit-unit di sekitar Papua, khususnya Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara agar semua mengirimkan petugas ke Papua untuk membantu pelaksanaan PON," ujar Huda.

 

 

 

 

 

Tags : PON XX Papua , PLN , Listrikstadion

Berita Terkait