Usai Jajal Motor Yamaha, Alex Rins Bandingkan Performanya dengan Honda dan Suzuki

| Senin, 11/12/2023 13:35 WIB
Usai Jajal Motor Yamaha, Alex Rins Bandingkan Performanya dengan Honda dan Suzuki Alex Rins (Monster Energy Yamaha). (Foto: twitter @motocard)

RADARBANGSA.COM - Pebalap baru tim Monster Energy Yamaha, Alex Rins telah menjajal motor Yamaha YZR M-1 saat tes di Valencia beberapa waktu lalu. Usai melakukan tes, Rins pun membandingkan performa motor Yamaha dengan motor Honda dan Suzuki yang pernah ditungganginya. 

Rins mencoba beberapa setelan berbeda pada kuda besi anyarnya itu dan berakhir di posisi 19, terpaut 1,3 detik dari sang pembalap tercepat, Maverick Vinales.

Menurutnya, motor milik Yamaha benar-benar berbeda dibandingkan Honda dan Suzuki yang pernah dikendarainya. Dia merasa kuat ketika menikung dan sejauh ini performa kuda besinya melebihi ekspektasinya.

"Ini adalah sepeda motor yang sangat berbeda. Saya bisa berbelok ke tikungan dengan lebih banyak tekanan pada rem depan. Itu bagus, kami bisa mengimbanginya dalam hal waktu putaran," kata Rins, dilansir dari Speedweek, Senin, 11 Desember 2023.

"Motornya terasa cukup mulus, lebih dari yang saya harapkan. Kami masih harus menyesuaikan perangkat elektronik dengan gaya berkendara saya dan juga ride-by-wire," tambah rider asal Spanyol itu.

Yang paling mencolok menurut Rins, adalah perbedaan dari segi aerodinamis. Bahkan, hal itu dirasakannya ketika menggunakan fairing berbeda dengan motor anyarnya itu.

"Saat ini perbedaan konsep mesin bukanlah perbedaan terbesar, melainkan aerodinamis. Dengan Yamaha saya memiliki banyak kecenderungan wheelie saat angin kencang," tutur Rins.

"Motornya berputar dengan baik, tapi saya harus menunjukkan masalah wheelie. Saat kami mencoba fairing lainnya, wheelie saya lebih sedikit. Dilihat seperti ini, perbedaannya hilang dari mesinnya," pungkasnya.

Tags : MotoGP , Alex Rins , Yamaha , Honda , Suzuki