Marc Marquez Ungkap Alasan Hengkang dari Honda

| Selasa, 12/12/2023 11:35 WIB
Marc Marquez Ungkap Alasan Hengkang dari Honda Pembalap Tim Repsol Honda Marc Marquez kunci gelar juara dunia MotoGP 2019 dan total telah meraih delapan gelar juara dunia di semua kelas. (Foto: twitter @motoGP)

RADARBANGSA.COM - Pebalap tim Gresini Racing, Marc Marquez mengungkapkan bahwa dirinya hengkang dari Honda sudah disepakati kedua pihak. Ia menegaskan tak masuk akal jika tetap bertahan di Repsol Honda. 

Marquez menyebut, Honda kesulitan mengembangkan motornya di beberapa musim terakhir. Sementara, pebalap asal Spanyol itu masih menerima gaji yang besar.

Selama satu dekade menunggangi motor Honda, Marquez berhasil merebut gelar juara dunia kelas utama MotoGP sebanyak enam kali. Namun, kebersamaan tersebut harus berakhir karena Honda gagal menyokongnya dengan motor yang kompetitif.

Meski telah berpisah, Marquez terang-terangan menyatakan ingin pergi secara baik-baik agar hubungannya dengan Honda tak merenggang. Bahkan menurutnya, kepergiannya memang merupakan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

"Saya ingin keputusan ini dibuat agar kami tetap akrab dan bersahabat karena hubungan yang saya dan Honda telah miliki. Itu adalah keputusan yang sangat besar dan saya pikir kedua belah pihak menang," kata Marquez dilansir dari Motosan, Selasa, 12 Desember 2023. 

Atas dasar itu, Marquez memutuskan untuk pergi dan memulai petualangan baru bersama tim Ducati, Gresini. "Proyek yang sedang dijalankan Honda, dalam situasi saat ini, tidak masuk akal jika mereka memiliki pembalap dengan bayaran tertinggi di grid. Jika saya tidak jujur, saya akan bertahan, mengambil uang dan mengendarai motor mereka tanpa tekanan," tandasnya.

Tags : MotoGP , Marc Marquez , Honda , Gresini , Ducati