Daftar Ranking Terbaru BWF Usai All England, Jonatan Masuk Lima Besar

| Selasa, 19/03/2024 20:40 WIB
Daftar Ranking Terbaru BWF Usai All England, Jonatan Masuk Lima Besar Jonatan Christie berhasil merebut gelar juara All England 2024 usai mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting dalam laga final, Minggu (17/3) malam WIB. (Foto: PBSI)

RADARBANGSA.COM - Dua wakil tunggal putra Indonesia berhasil menguasai final All England 2024 lalu. Jonatan Christie sukses merebut gelar juara dan mengakhiri penantian tiga dekade puasa gelar tunggal putra Indonesia di All England.

Selanjutnya, Anthony Sinisuka Ginting harus puas menjadi runner up usai kalah dari Jonatan. Pencapaian tersebut mendongkrak posisi mereka di daftar ranking BWF terbaru.

Dikutip dari daftar resmi BWF, Ginting yang pada pekan sebelumnya berada di peringkat lima dunia, kini berada di peringkat tiga setelah menjadi runner up All England 2024.

Peraih medali perunggu Olimpiade 2020 Tokyo itu mengumpulkan 85.101 poin dan berada di belakang Viktor Axelsen (Denmark) dan Shi Yu Qi (China), pekan ini.

Menyusul di belakangnya adalah Jonatan yang merupakan juara All England tahun ini, setelah penantian tiga dekade lamanya bagi Indonesia.

Jonatan naik empat peringkat dari sebelumnya berada di posisi kesembilan, kini di posisi kelima dengan total 81.531 poin. Ia hanya terpaut tipis dari Anders Antonsen (Denmark) di peringkat keempat dan Kodai Naraoka (Jepang) di posisi keenam.

Meski secara ranking dunia Jonatan berada di bawah Ginting, dalam daftar Race to Paris, ia menduduki peringkat empat atau naik lima posisi dari pekan lalu. Sementara, Ginting berada di peringkat enam, dengan Axelsen, Shi, Antonsen, dan Naraoka masing-masing berada di peringkat satu, dua, tiga, dan lima.

Beralih ke sektor ganda putra. Meskipun Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mampu mempertahankan gelarnya di All England Open, ternyata tidak mengubah posisi mereka yang berada di ranking tujuh dunia.

Namun, Fajar/Rian mampu menyalip Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) pada Race to Paris dengan kemenangan mereka di turnamen bulu tangkis tertua di dunia kemarin.

Pada sektor tunggal dan ganda putri, Gregoria Mariska Tunjung dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti masing-masing tetap berada di peringkat delapan dan sembilan, baik pada ranking dunia maupun kualifikasi Race to Paris.

Tags : BWF , Jonatan , Ginting , Ranking , Indonesia , All England

Berita Terkait